hubungi kami

Mengenal Analisa SWOT Pada Bisnis

Admin G-Space, Wednesday Nov 2022

Mengenal Analisa SWOT Pada Bisnis

Mengenal Analisa SWOT Pada Bisnis - SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat, sehingga analisis SWOT adalah teknik untuk menilai keempat aspek dalam bisnis ini.

Analisis SWOT adalah startegi yang dapat membantu menganalisis apa yang terbaik untuk perusahaan/bisnis saat ini, dan menyusun strategi sukses demi masa depan. SWOT juga dapat mengungkap area bisnis yang menghambat, atau yang dapat dieksploitasi oleh pesaing jika anda tidak melindungi diri sendiri.

Analisis SWOT akan menganalisa faktor internal dan eksternal, yaitu apa yang terjadi di dalam dan di luar sebuah bisnis. Jadi beberapa faktor ini akan berada dalam kendali anda dan beberapa tidak. Apa pun kasusnya, tindakan paling bijak yang dapat diambil sebagai tanggapan akan menjadi lebih jelas setelah menemukan, mencatat, dan menganalisis sebanyak mungkin faktor.

 

Kenapa SWOT penting untuk bisnis ?

Analisis SWOT dapat membantu melihat asumsi berisiko dan mengungkap titik buta yang berbahaya tentang kinerja perusahaan atau bisnis. Jika menggunakannya dengan hati-hati dan kolaboratif, ini dapat memberikan wawasan baru tentang posisi bisnis anda saat ini, dan membantu mengembangkan strategi yang tepat untuk situasi apa pun.

Misalnya, anda mungkin sangat menyadari beberapa kekuatan perusahaan atau bisnis, tetapi sampai anda mencatatnya bersama kelemahan dan ancaman, anda mungkin tidak menyadari betapa sebenarnya kekuatan itu tidak dapat diandalkan.

Sama halnya, anda mungkin memiliki kekhawatiran tentang beberapa kelemahan bisnis yang dimiliki, tetapi dengan melakukan analisis secara sistematis, kita akan dapat menemukan peluang. Peluang yang mungkin sebelumnya diabaikan, kini dapat meningkatkan perusahaan/bisnis ke arah yang lebih baik.

 

Cara menganalisa SWOT

Hindari mengandalkan pemahaman diri sendiri tentang perusahaan/bisnis yang dimiliki. Asumsi anda bisa saja salah. Kumpulkan tim dari berbagai fungsi dan level untuk membuat daftar pengamatan yang luas dan berwawasan.

Kemudian, setiap kali mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang, atau Ancaman, tuliskan di bagian yang relevan dari kisi analisis SWOT untuk dilihat semua orang. Mari kita lihat setiap area dengan lebih detail dan pertimbangkan apa yang cocok dan menentukan strategi terbaik untuk kedepannya.

 

Strength / Kekuatan

Kekuatan adalah hal-hal yang dimiliki perusahan/bisnis anda dengan sangat baik, atau dengan cara yang membedakan dari pesaing. Pikirkan tentang keunggulan yang dimiliki bisnis anda dibanding dengan bisnis lainnya. Aspek apa pun dari bisnis anda hanya merupakan kekuatan, jika itu memberi keuntungan yang jelas. Misalnya, jika semua pesaing menyediakan produk berkualitas tinggi, maka proses produksi berkualitas tinggi bukanlah kekuatan di pasar, melainkan sebuah kebutuhan.

Weakness / Kelemahan

Kelemahan, seperti halnya kekuatan, adalah bagian yang melekat pada setiap bisnis, karena itu fokuslah pada orang, sumber daya, sistem, dan prosedur. Pikirkan tentang apa yang dapat anda tingkatkan, dan jenis praktik yang harus hindari.

Sekali lagi, bayangkan bagaimana orang lain di market melihat bisnis anda. Apakah mereka memperhatikan kelemahan yang cenderung tidak sadari? Luangkan waktu untuk memeriksa bagaimana dan mengapa pesaing melakukan lebih baik.

Opportunities / Peluang

Peluang adalah pembukaan untuk sesuatu yang positif terjadi, tetapi anda harus mengklaimnya sendiri. Peluang biasanya muncul dari situasi yang tidak terduga, dan memerlukan pengawasan terhadap apa yang mungkin terjadi di masa mendatang. Mereka mungkin muncul sebagai perkembangan di market yang anda masuki, atau dalam teknologi yang anda gunakan. Mampu menemukan dan mengeksploitasi peluang dapat membuat perbedaan besar pada kemampuan untuk bersaing dan memimpin pada market.

Threat / Ancaman

Ancaman mencakup segala sesuatu yang dapat berdampak negatif terhadap bisnis anda dari luar, seperti masalah rantai pasokan, perubahan persyaratan pasar, atau kekurangan rekrutan. Sangat penting untuk mengantisipasi ancaman dan mengambil tindakan terhadapnya, sebelum terdapat risiko penurunan pada bisnis yang anda geluti. Pikirkan tentang semua hambatan yang dihadapi pada sebuah bisnis.

Alamat
  • Jl Candi Ngrimbi No 2
  • Malang
  • Jawa Timur 65142
  • Indonesia
Jam Buka
  • Senin - Sabtu
  • Jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami
  • 085163015515
  • info@gspace.co.id

Social

Designed with Mobirise - Go here