hubungi kami

7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online

Admin G-Space, Monday Aug 2022

7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online

Banyak jalan untuk dapat mencapai kebebasan finansial, salah satunya adalah dengan membuat bisnis online. Akan tetapi, sebelum memulai bisnis online ada tahap - tahap yang harus anda pelajari terlebih dahulu.

Menjalani bisnis online memang bukan perkara mudah, sebab banyak orang juga memiliki usaha serupa. Tetapi jangan berkecil hati, karena G-Space telah meriset dan menyiapkan cara mudah berbisnis online bagi pemula yang dapat segera menghasilkan keuntungan.

Panduan bisnis memang tidak ada yang mutlak, karena cara berbisnis online satu dengan yang lainnya bisa saja berbeda. Tetapi sebagi seorang pemula, anda dapat mengikuti panduan bisnis online berikut sebagai salah satu acuan. Plus, tips - tips berikut juga tidak membutuhkan banyak modal lho, yuk langsung kita bahas !

kebutuhan pasar

1. Ketahui apa kebutuhan pasar

Untuk memulai bisnis online, yang pertama kali harus anda lakukan adalah mencari tahu apa yang diperlukan pasar. Ketika sudah menemukan apa yang dibutuhkan pasar, selanjutnya dapat mulai untuk menentukan solusi terbaik dalam mengatasi masalah pada pasar.

Produk / jasa yang dibutuhkan oleh konsumen akan membuat bisnis semakin berkembang, karena pasar akan merasa terbantu dengan adanya bisnis anda. Jadi pastikan bisnis yang anda dirikan adalah solusi dari permasalahan pasar.

 

riset pasar

2. Lakukan riset pasar

Setelah mencari tahu apa yang dibutuhkan pasar, langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Riset pasar dilakukan agar anda dapat mengetahui data permintaan pasar secara obyektif. Dengan demikian, informasi riset pasar dapat membantu anda dalam mengambil keputusan yang tepat pada bisnis.

Anda dapat memulai riset pasar dengan mencari produk / jasa yang sedang menjadi tren terkini melalui internet maupun media sosial. Agar lebih mudah, anda dapat menggunakan google trend untuk melihat data statistik yang tengah menjadi tren.

 

coworking space

3. Pilih produk / jasa yang sesuai

Setelah melakukan riset pasar yang mendalam, anda dapat mulai memikirkan matang-matang pilihan produk / jasa yang akan dijual dengan peluang dan risikonya masing-masing. Pilih produk / jasa yang dekat dengan anda, jadi dapat lebih mudah untuk dijual. Karena sesuatu yang sudah anda kenali terlebih dahulu, dapat menjadi nilai plus anda pada produk tersebut.

 

target pasar

  1. Tentukan target konsumen

Jika telah menetapkan jenis produk / jasa yang akan dijual online, maka selanjutnya adalah menentukan target konsumen. Perhitungkan dan analisa jenis pasar seperti apa yang cocok dengan bisnis anda, serta buatlah target konsumen secara spesifik. Pertimbangkan mulai dari aspek gender, tingkat ekonomi, usia, wilayah tempat tinggal dan sebagainya. Semakin detail dan spesifik target pasar, maka semakin mudah anda untuk menyasar mereka.

 

kompetitor

5. Riset kompetitor

Tidak hanya pasar dan konsumen, anda juga harus secara cermat meriset kompetitor bisnis. Hal ini diperlukan dalam mempelajari kekuatan dan kelemahan pesaing anda. Sehingga informasi tersebut dapat membantu anda dalam mengungguli kompetitor yang ada. Anda bisa analisa mulai dari website, media sosial dan strategi yang dilakukan. Setelah sudah mendapat data yang akurat tentang kompetitor, mulailah untuk meracik strategi terbaik yang bertujuan mengungguli kompetitor.

 

promosi

6. Mulai berjualan dan promosi

Setelah menentukan strategi yang tepat, anda dapat mulai dengan mengambil langkah berjualan. Pastikan juga untuk melakukan strategi promosi yang bagus. Karena selain produk, strategi promosi saat berjualan juga sangatlah penting. Anda dapat melakukan strategi organik, SEM, SEO hingga media sosial ads. Pastikan untuk selalu up to date dengan tren dan teknologi terbaru tentang bisnis online, karena akan membantu anda dalam meningkatkan strategi yang berjalan.

 

cara evaluasi

7. Lakukan evaluasi rutin

Terakhir, untuk memulai bisnis online adalah dengan melakukan evaluasi secara rutin. Sebuah bisnis pasti ada naik turunnya. Anda tetap harus tetap melakukan evaluasi, perbaikan dan peningkatan kualitas bisnis. Belajar bisnis online juga proses yang berkelanjutan karena perkembangan dunia teknologi juga, jadi pastikan untuk terus up to date dan tidak ketinggalan tren.

 

Demikian beberapa langkah muda yang dapat dilakukan sebelum memulai bisnis online bagi pemula di 2022. Mulai semua langkah dengan cermat dan detail agar bisnis online dapat berjalan. Tetap semangat dan selamat mencoba !

Alamat
  • Jl Candi Ngrimbi No 2
  • Malang
  • Jawa Timur 65142
  • Indonesia
Jam Buka
  • Senin - Sabtu
  • Jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami
  • 085163015515
  • info@gspace.co.id

Social

Designed with Mobirise - Go here