Admin G-Space, Wednesday Jul 2022
Apa yang terlintas di pikiran ketika kita melihat kaleng soda warna merah dengan tulisan bersambung berwarna putih ? mungkin yang kita pikirkan pertama kali adalah lambang Coca Cola. Atau ketika kita di jalan dan melihat jaket berwarna hijau, mungkin kita dapat langsung menebak kalau itu adalah jaket dari brand Gojek.
Mengapa kita dapat mengingat ciri khas dari brand-brand tersebut ? hal tersebut dapat terjadi karena karena perusahaan-perusahaan itu memiliki branding yang kuat sehingga memudahkan masyarakat untuk mengingat.
Branding yang baik dan tepat dapat memberikan beragam manfaat bagi brand. Misal ketika customer dihadapkan dengan pilihan produk yang serupa, maka mereka akan cenderung memilih produk yang lekat dengan ingatan.
Tentu branding menjadi hal yang penting pada sebuah brand, namun saat ini banyak pemilik bisnis yang lebih fokus pada sales dibanding branding. Padahal, branding yang kuat dapat memberikan keuntungan dan berimbas pada konversi pembelian.
Mengapa branding penting untuk bisnis ?
Strategi ini memang menjadi signifikan bagi bisnis karena dapat memberikan dampak yang besar bagi perusahaan yang dijalankan. Seperti dapat mengubah perspektif masyarakat terhadap brand, juga bisa memperluas jangkauan bisnis serta meningkatkan brand awareness. Lalu apa saja manfaat lain dari branding?
Salah satu strategi penting dalam berbisnis ini memiliki dampak yang besar bagi sebuah bisnis. Kenapa penting ? karena sebuah branding yang kuat dan baik dapat mengubah pandangan customer terhadap brand, meningkatkan awareness serta jangkauan bisnis. Lantas apa saja kah manfaat lain branding pada bisnis ?
Branding meningkatkan awareness customer
Alasan yang sangat penting dari branding adalah dapat membuat calon customer sadar akan kehadiran brand tersebut serta produk maupun jasa yang ditawarkan. Karena itu tampilan visual mulai dari warna, logo dan lain-lain menjadi hal vital yang harus diperhatikan. Karena tampilan visual ini akan jadi wajah pertama sebuah bisnis yang akan dilihat masyarakat luas.
Branding meningkatkan nilai bisnis
Branding menjadi komponen penting untuk melebarkan dan meningkatkan bisnis kita di kemudian hari. Bagi brand yang sudah mapan, branding dapat meningkatkan nilai bisnis karena berpengaruh terhadap industri yang ditekuninnya. Hal ini nantinnya dapat mempermudah brand untuk dilirik inevstor karena sudah memiliki branding yang kuat di market.
Branding dapat menarik customer
Ketika sebuah brand memiliki branding yang kuat dan baik, maka mereka akan memiliki kesan yang positif di mata masyarakat luas. Tentu ini akan menjadi daya tarik sendiri bagi calon customer maupun customer yang sudah berlangganan produk atau jasa kita. Dari hal itu, nantinya ini akan menjadi salah satu strategi pemasaran yang baik dari sebuah bisnis. Karena produk dan brand kita akan tersebar melalui customer sendiri.
Sekarang ini branding menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena dizaman digital ini, visual pada branding menjadi salah satu senjata utama pada market. Pada akhirnya branding akan terus berkembang, dan mau tidak mau kita selaku pemilik bisnis akan dihadapkan pada realita untuk terus mengembangkan bisnis kita menjadi lebih baik.
Designed with Mobirise - Go here