hubungi kami

Cara Meningkatkan Keahlian Problem Solving

Admin G-Space, Thursday Jan 2023

Cara Meningkatkan Keahlian Problem Solving

Cara Meningkatkan Keahlian Problem Solving - Pada kenyataannya dalam hidup, kita akan terus-menerus memecahkan masalah. Dan semakin baik keterampilan pemecahan masalah kita, semakin mudah hidup kita. Masalah muncul dalam berbagai bentuk. Itu bisa berupa masalah biasa, masalah sehari-hari, atau masalah yang lebih besar dan lebih kompleks.

Makan malam apa untuk malam ini? Rute mana yang harus diambil untuk bekerja? Bagaimana cara memperbaiki proyek yang berjalan ? Bagaimana mengubah dari pekerjaan yang membosankan menjadi karier yang sangat disukai?

Setiap hari, anda akan dihadapkan dengan setidaknya satu masalah untuk dipecahkan. Namun akan lebih mudah bila anda menyadari bahwa masalah hanyalah pilihan. Tidak ada yang 'menakutkan' tentang mereka selain harus membuat keputusan.

 

Cara meningkatkan keahlian problem solving

Banyak orang percaya bahwa kita harus pintar untuk menyelesaikan suatu masalah. Tetapi tidak harus pintar, yang anda butuhkan adalah latihan. Ketika anda memahami berbagai langkah untuk memecahkan masalah, anda akan dapat menemukan solusi yang hebat.

  1. Fokus Pada Solusi

Ahli saraf telah membuktikan bahwa otak anda tidak dapat menemukan solusi jika anda berfokus pada masalah. Ini karena ketika anda fokus pada masalah, anda secara efektif memberi makan 'negatif', yang pada gilirannya mengaktifkan emosi negatif di otak. Emosi ini menghalangi solusi potensial.

Saya tidak mengatakan anda harus 'mengabaikan masalahnya', sebaliknya, cobalah untuk tetap tenang. Ini membantu untuk pertama-tama, mengakui masalahnya dan kemudian, alihkan fokus anda ke pola pikir berorientasi solusi di mana anda tetap terpaku pada 'jawabannya', daripada berlama-lama pada 'apa yang salah' dan 'siapa yang salah'.

  1. Buat Semuanya Lebih Simpel

Sebagai manusia, kita memiliki kecenderungan untuk membuat hal-hal menjadi lebih rumit dari yang seharusnya. Coba sederhanakan masalah anda tapi tidak meremehkanya.

Hapus semua detail dan kembali ke dasar. Coba cari solusi yang sangat mudah dan jelas, anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya! Dan kita semua tahu bahwa seringkali hal-hal sederhanalah yang paling produktif.

  1. Cantumkan Solusi Sebanyak Mungkin

Cobalah untuk menemukan semua solusi yang mungkin dilakukan. Penting bagi anda untuk tetap berpikiran terbuka untuk meningkatkan pemikiran kreatif, yang dapat memicu solusi potensial. Apapun yang anda lakukan, jangan mengejek diri sendiri karena menghasilkan menghasilkan solusi yang aneh, kadangkala sering kali ide gila itulah yang memicu solusi lain yang lebih layak.

 

Cobalah untuk tidak melihat masalah sebagai hal yang 'menakutkan'! Jika anda berpikir tentang apa masalahnya sebenarnya, itu hanyalah sebab akibat tentang situasi anda saat ini. Setiap masalah memberi tahu anda bahwa ada sesuatu yang saat ini tidak berfungsi dan anda perlu menemukan cara baru untuk mengatasinya.

Jadi cobalah untuk mendekati masalah secara netral tanpa penilaian apa pun. Berlatihlah untuk fokus dalam mendefinisikan masalah, tetap tenang dan jangan membuat semuanya menjadi terlalu rumit.

Alamat
  • Jl Candi Ngrimbi No 2
  • Malang
  • Jawa Timur 65142
  • Indonesia
Jam Buka
  • Senin - Sabtu
  • Jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami
  • 085163015515
  • info@gspace.co.id

Social

Designed with Mobirise - Go here