hubungi kami

Pengertian dan Manfaat Seminar

Admin G-Space, Thursday Sep 2022

Pengertian dan Manfaat Seminar

Pengertian dan Manfaat Seminar - Saat ini terdapat banyak EO (Event Organizer) yang membuat Acara - acara seminar. Mulai dari Seminar keahlian umum hingga keahlian bidang khusus sekalipun. Namun pernahkah terpikirkan apa yang dimaksud dengan seminar ?

Definisi Seminar

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Seminar merupakan kegiatan pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagainya). Seminar biasanya mempertemukan para ahli dengan audiens untuk membahas suatu topik. Tentu, untuk menjadi ahli atau pembicara membutuhkan keahlian yang mumpuni seperti keahlian berbicara di depan umum, memberikan jawaban solutif, dan kemampuan komunikasi yang baik agar audiens mengerti dengan topik yang diangkat.

Tujuan Seminar

Tentu saja setiap kegiatan memiliki sebuah tujuan yang dicapai. Tujuan diadakannya kegiatan seminar ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membahas suatu topik permasalah secara ilmiah lalu bertukar pendapat dengan para audiens melalui sesi tanya jawab hingga didapat sebuah ilmu baru atau kesimpulan baru.

 

Contoh Kegiatan Seminar
Contoh Kegiatan Seminar

Manfaat Seminar

Jika kita mengikuti sebuah seminar tentu kita akan mendapat manfaatnya sebagai audiens maupun sebagai seorang pemapar.

Sebagai seorang pemapar tentu manfaat langsung yang didapat adalah kita dapat melatih cara berkomunikasi kita sehingga komunikasi akan menjadi lebih santai dan lancar, yang kedua adalah mempertajam topik bahasan yang kita paparkan akan lebih matang lagi melalui situasi tanya jawab dengan audiens. Dengan begitu kita akan lebih terbuka dan lebih baik lagi dalam memaparkan suatu materi.

Dan sebagai audiens, kita juga dapat mendapat manfaat diantaranya: 

  1. Membantu Mendapat Wawasan Baru
    Salah satu manfaat bagi audiens adalah mendapatkan wawasan baru sehingga tidak terpaku hanya pada satu sumber dan bisa saja membuat kamu bisa menemukan ide ide baru untuk kegiatanmu selanjutnya.
     
  2. Beriteraksi kepada ahlinya secara langsung
    Tentu ini adalah manfaat secara nyata jika kamu mengikuti seminar, karena pemapar pasti sudah memikirkan jawaban tentang apa yang ingin kamu tanyakan, juga bisa saja kamu diajak diskusi karena pertanyaanmu sangat unik dan menarik untuk dibahas.
     
  3. Memberikan Pandangan Baru 
    Pandangan baru yang dimaksud adalah pandangan pandangan yang nantinya menjadi inspirasi sehingga jika kamu adalah seorang mahasiswa kegiatan ini tentu saja memberikan gambaran yang jelas tentang apa saja yang ingin kamu lakukan kedepannya

Syarat - Syarat Seminar

Berikut merupakan syarat syarat yang dilakukan sebelum membuat kegiatan seminar:

  1. Seminar memiliki peserta, peserta tidak harus banyak namun harus memerhatikan kelompok umur karena tiap topik memiliki batasan umur yang berbeda.
  2. Memiliki pemateri, pemateri yang dimaksud adalah pemateri yang memiliki komunikasi yang baik dan memiliki pemahaman yang baik atas topik yang akan dipaparkan.
  3. Memiliki moderator, moderator sangat dibutuhkan untuk menjembatani interaksi antara audiens dengan pemateri. Moderator juga memiliki tugas yang penting yaitu sebagai Timekeeper atau Penjaga Waktu. Disisi lain moderator juga memiliki kewenangan untuk memberhentikan atau melanjutkan pemaparan maupun bahasan suatu topik.
Alamat
  • Jl Candi Ngrimbi No 2
  • Malang
  • Jawa Timur 65142
  • Indonesia
Jam Buka
  • Senin - Sabtu
  • Jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami
  • 085163015515
  • info@gspace.co.id

Social

Designed with Mobirise - Go here