hubungi kami

Marketing Channel Untuk Strategi Pemasaran

Admin G-Space, Thursday Aug 2022

Marketing Channel Untuk Strategi Pemasaran

Saluran pemasaran digambarkan sebagai sekumpulan orang, organisasi, dan aktivitas yang bekerja sama untuk mentransfer produk dan jasa dari titik asal ke titik konsumsi. Tujuan utama saluran pemasaran adalah untuk menciptakan hubungan antara bisnis dan calon pelanggan yang mungkin ingin membelinya.

Untuk produk fisik, ada empat tipe dasar saluran pemasaran :

  1. Penjualan langsung, dimana produk dipasarkan dan dijual langsung ke konsumen
  2. Penjualan melalui perantara, dimana produk diproduksi di titik asal dan dijual kepada pelanggan oleh perantara seperti agen, distributor, grosir dan toko eceran
  3. Distribusi ganda, di mana produsen menggabungkan beberapa jenis saluran untuk menjual produk ke pelanggan. Ini bisa berarti bahwa produsen menjual langsung ke pelanggan dan juga melakukan bisnis dengan grosir dan pengecer yang menjual ke pelanggan melalui jaringan distribusi mereka sendiri.
  4. Pemasaran terbalik, di mana produk berpindah dari pelanggan kembali ke produsen. Kasus umum pemasaran terbalik termasuk daur ulang dan penarikan produk

 

Kenapa Marketing Channel penting ?

Ketika sebuah bisnis bersiap untuk menjual produk atau jasa tertentu ke pasar, maka harus mengembangkan dan menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mempromosikan produknya di pasar. Strategi pemasaran yang efektif harus memperhitungkan 4 P pemasaran.

Elemen pertama dari strategi pemasaran adalah produk itu sendiri. Agar berhasil, bisnis harus mengembangkan produk yang ingin dibeli pelanggan, memenuhi kebutuhan mereka dan menawarkan fitur yang mereka inginkan. Produk harus dirancang untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih besar dan dibedakan secara efektif dari merek pesaing dengan fitur nilai tambah.

Elemen kedua adalah harga. Bisnis harus menawarkan produk dengan harga yang sesuadi dengan nilai produk. Penetapan harga harus kompetitif dengan produk serupa di pasar sambil memperhitungkan faktor pembeda dan nilai yang mungkin melekat pada calon pembeli.

Ketika sampai pada dua elemen terakhir, tempat dan promosi, memahami saluran pemasaran sangat penting.

Untuk memenuhi elemen strategi pemasaran ketiga, sebuah bisnis harus memahami di mana pembeli mencari produk mereka dan membuat produk mereka tersedia di lokasi tersebut. Bagi banyak perusahaan teknologi, pelanggan akan mencari produk mereka baik secara online (penjualan langsung) atau dari distributor (penjualan melalui perantara).

 

Elemen terakhir dari strategi pemasaran adalah promosi. Berkaitan dengan identifikasi saluran terbaik di mana bisnis dapat mendistribusikan pesan terbaik tentang produknya ke target market. Promosi sangat penting bagi bisnis yang melakukan penjualan langsung, karena mereka tidak bergantung pada distirbutor atau grosir untuk mendorong penjualan mereka. Bisnis yang menjual produk mereka secara online harus mengidentifikasi saluran pemasaran digital yang menawarkan ROI terbaik.

Alamat
  • Jl Candi Ngrimbi No 2
  • Malang
  • Jawa Timur 65142
  • Indonesia
Jam Buka
  • Senin - Sabtu
  • Jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami
  • 085163015515
  • info@gspace.co.id

Social

Designed with Mobirise - Go here