hubungi kami

Definisi dan Cara Membangun Mental Yang Kuat

Admin G-Space, Wednesday Nov 2022

Definisi dan Cara Membangun Mental Yang Kuat

Cara membangun Mental Yang Kuat - Beberapa orang tampaknya dengan cepat bangkit kembali dari kegagalan, sementara yang lain merasa jauh lebih sulit. Ketika hidup menjatuhkan anda, apakah anda akan cepat bangkit dan beradaptasi dengan keadaan? Atau apakah anda merasa tidak mampu bangkit dan cenderung putus asa dalam menghadapi keadaan.

Jika anda menemukan diri dalam kategori yang terakhir, jangan khawatir. Karena ada banyak strategi praktis untuk membangun ketahanan mental. Hal tersebut adalah suatu tahap yang dapat dipelajari dan diasah melalui latihan, disiplin, dan kerja keras.

Ketangguhan dan ketahanan mental kita sering diuji ketika keadaan hidup berubah secara tak terduga dan menjadi lebih buruk, seperti kematian orang yang kita kasihi, kehilangan pekerjaan, atau berakhirnya suatu hubungan. Tantangan seperti itu, bagaimanapun, menghadirkan kesempatan untuk bangkit dan kembali lebih kuat dari sebelumnya.

 

Cara Memiliki Mental Yang Kuat

Kekuatan Mental adalah kapasitas individu untuk menghadapi stres, tekanan dan tantangan secara efektif dan melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka, terlepas dari keadaan di mana mereka berada (Clough, 2002).

Membangun kekuatan mental sangat penting untuk menjalani kehidupan terbaik. Sama seperti kita pergi ke gym dan mengangkat beban untuk membangun otot fisik kita, kita juga harus mengembangkan kesehatan mental kita melalui penggunaan alat dan teknik mental.

Kesehatan mental yang optimal akan membantu kita untuk menjalani kehidupan yang baik, memiliki hubungan sosial yang bermakna, dan harga diri yang positif. Itu juga membantu kemampuan kita untuk mengambil risiko, mencoba hal-hal baru, dan mengatasi situasi sulit apa pun yang mungkin terjadi dalam hidup kita.

Agar sehat secara mental, kita harus membangun kekuatan mental kita! Kekuatan mental adalah sesuatu yang dikembangkan dari waktu ke waktu oleh individu yang memilih untuk menjadikan pengembangan pribadi sebagai prioritas. Sama seperti melihat keuntungan fisik dari berolahraga dan makan lebih sehat, kita harus mengembangkan kebiasaan mental yang sehat, seperti melatih rasa syukur, jika kita ingin merasakan peningkatan kesehatan mental.

Demikian pula untuk mendapatkan kekuatan fisik, kita juga harus menghentikan kebiasaan tidak sehat, seperti makan junk food, dan untuk kekuatan mental, menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti mengasihani diri sendiri.

Kita semua bisa menjadi lebih kuat secara mental, kuncinya adalah terus berlatih dan melatih mental, sama seperti jika mencoba membangun kekuatan fisik!

Membangun Kekuatan Mental

Untuk menjadi tangguh secara mental, anda harus memiliki tingkat ketangguhan tertentu, tetapi tidak semua individu yang tangguh harus tangguh secara mental. Jika menganggapnya sebagai metafora, ketangguhan adalah gunungnya, sedangkan ketangguhan mental mungkin menjadi salah satu strategi untuk mendaki gunung itu.

Ketangguhan mental dimulai ketika  memilih untuk memperhatikan apa yang terlintas dalam pikiran, tanpa mengidentifikasi secara pribadi dengan pikiran atau perasaan tersebut. Kemudian, temukan tekad untuk membangkitkan pemikiran optimis tentang situasi yang dihadapi.

Menurut Strycharczyk dan Clough (n.d.), teknik untuk mengembangkan ketangguhan mental berkisar pada lima hal :

  1. Berpikir positif
  2. Kontrol Kecemasan
  3. Visualisasi
  4. Penetapan tujuan
  5. Kontrol perhatian

Sama halnya dengan membangun kekuatan mental, mengembangkan ketangguhan mental memang membutuhkan kesadaran diri dan komitmen. Secara umum, individu yang tangguh secara mental tampaknya mencapai lebih dari yang sensitif secara mental dan menikmati tingkat kepuasan yang lebih besar.

Alamat
  • Jl Candi Ngrimbi No 2
  • Malang
  • Jawa Timur 65142
  • Indonesia
Jam Buka
  • Senin - Sabtu
  • Jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami
  • 085163015515
  • info@gspace.co.id

Social

Designed with Mobirise - Go here