hubungi kami

Definisi Lengkap Ekonomi Kreatif

Admin G-Space, Thursday Sep 2022

Definisi Lengkap Ekonomi Kreatif

Definisi Lengkap Ekonomi Kreatif - Kini produk atau jasa yang didasarkan pada kualitas imajinatif menjadi cara yang efektif untuk memberikan citra bisnis lebih menonjol di pasar. Ide-ide kreatif yang selalu berkembang dan diterapkan dalam bisnis mempunyai nilai yang signifikan bagi perekonomian. Disinilah, ekonomi kreatif dapat menjadi faktor penting pada peningkatan dalam pengembangan lingkungan bisnis dan keberhasilan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

 

Dasar - dasar ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif adalah suatu proses penciptaan atau pembuatan, kegiatan dalam produksi dan distribusi barang maupun jasa yang pada prosesnya membutuhkan kreativitas dan kemampuan intelektual. Dalam prosesnya, ekonomi kreatif akan mengutamakan pengetahuan, kreativitas dan teknologi untuk mengembangkan industri kreatif. Ekonomi kreatif menjadi salah satu pengembangan konsep ekonomi yang baru, unik, dan inovatif. Pada hal tersebut terdapat tiga pokok utama yang menjadi dasar ekonomi kreatif :

- Kreativitas : merupakan kemampuan atau keahlian untuk menciptakan sesuatu yang baru, unik serta dapat diterima bagi diri sendiri, orang lain dan industri.

- Inovasi : adalah ide atau gagasan kreatif dengan memanfaatkan penemuan  yang sudah ada sebelumnya guna menghasilkan produk atau jaasa dengan nilai tambah serta manfaat yang lebih baik.

- Penemuan : adalah penciptaan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya serta diakui sebagai karya yang memiliki fungsi dan manfaat.

 

Pemerintah kini juga telah menunjukan pengakuan dan dukungan untuk ekonomi kreatif dengan membentuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). pada bidang-bidang khusus, insentif atau investasi diberikan pada bisnis yang dapat berkontribusi untuk masyarakat luas. Ekonomi kreatif menarik individu-individu yang kreatif dan berbakat guna menciptakan nilai yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat luas. Dengan adanya ini, sektor perekonomian akan bergerak maju dan berkembang menjadi lebih baik.

 

Manfaat ekonomi kreatif untuk bisnis

Semakin besar ekonomi kreatif pada bisnis, tentu akan membuka banyak kesempatan kerja yang datang. Hal ini tentu akan mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Selain itu, kualitas produk-produk akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya inovasi dan kreativitas  yang dilakukan dalam bisnis. Salah satu manfaat utama pada ekonomi kreatif adalah pertumbuhan ekonomi, karena hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai bisnis di berbagai sektor. Apabila pertumbuhan semakin baik, tentu kesejahteraan masyarakan akan terus meningkat. Yang terakhir, manfaat ekonomi kreatif dapat membantu membangun citra dan identitas bangsa yang positif. Semakin kreatif dan inovatif, maka semakin baik juga citra dan identitas bangsa.

Alamat
  • Jl Candi Ngrimbi No 2
  • Malang
  • Jawa Timur 65142
  • Indonesia
Jam Buka
  • Senin - Sabtu
  • Jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami
  • 085163015515
  • info@gspace.co.id

Social

Designed with Mobirise - Go here