hubungi kami

Kenapa Social Media Marketing Penting Untuk Bisnis ?

Admin G-Space, Tuesday Aug 2022

Kenapa Social Media Marketing Penting Untuk Bisnis ?

Dunia digital kini telah menjadi faktor penting pada peradaban manusia. Tak dapat dipungkiri, masyarakat luas sangat bergantung dengan internet. Media sosial menjadi salah satu hal yang sangat digandrungi pada teknologi internet. Media sosial memiliki banyak jenis, akan tetapi rata-rata orang setidaknya memiliki tiga jenis pada smartphone mereka.

Di Indonesia sendiri,  tingkat kemajuan internet pada tahun 2021 berada di peringkat 15 di antara negara-negara Asia.  Sedangkan media sosial yang paling banyak digunakan adalah YouTube sebesar 88%. Diikuti oleh WhatsApp (84%), Facebook (82%), Instagram (79%), dan Twitter (56%). Platform media sosial baru seperti Pinterest (34%), Snapchat (28%), dan TikTok (25%) juga mencatat angka penetrasi yang signifikan (Menurut Muller 2020).

Karena hal diatas, dapat menjadi kesimpulan bahwa social media marketing merupakan salah satu teknik jitu untuk meningkatkan penjualan dan engangement suatu bisnis atau perusahaan. Sebagai pemilik bisnis atau brand, pemahaman tentang social media marketing menjadi suatu yang penting untuk dipelajari dan diterapkan.

 

Pengertian Social Media Marketing

Istilah social media marketing menuju pada penggunanaan media sosial dalam memasarkan produk atau jasa dari suatu bisnis. Sederhananya, social media marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan melalui social media. Social media marketing menargetkan audiens dengan demografi yang luas serta jenjang usia beragam dari berbagai kalangan.

Dengan adanya social media marketing, bisnis atau brand dapat langsung berinteraksi dengan pelanggan lama maupun untuk menjangkau pelanggan baru. Selain itu, social media marketing masih menjadi primadona pada strategi pemasaran digital masa kini. Social media marketing juga telah dilengkapi dengan analytics tools (seperti Snaplytics, Google Analytics, Sprout Social, dan Curalate) yang memungkinkan bisnis atau brand untuk memantau keberhasilan dari campaign mereka.

 

Kenapa Social Media Marketing Penting ?

Mengutip hasil penelitian yang diterbitkan pada “Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital”, bahwa rata-rata masyarakat Indonesia menggunakan media sosial selama 3 jam 14 menit dalam sehari. Pada Januari 2021 sendiri total populasi di Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa. Di mana 61,8% diantaranya (atau sekitar 170 juta jiwa) aktif menggunakan media sosial dalam keseharian.

Data diatas membuktikan bahwa di era digital saat ini, media sosial memiliki pengaruh penting terhadap kehidupan masyarakat luas. Karena itulah strategi marketing menggunakan media sosial dianggap ampuh untuk bisnis yang baru atau berkembang. Berikut adalah paparan kenapa social media marketing penting untuk digunakan.

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah saat konsumen atau calon pelanggan langsung mengenali atau mengingat brand atau bisnis, hanya dengan melihat warna, logo, gambar atau produk saja. Para customer maupun calon customer yang awalnya hanya sekilas melihat produk kita, maka secara perlahan-lahan mereka akan mulai memperhatikan atau mengingatnya. Hingga akhirnya ini bertujuan agar pelanggan merasa tertarik dan membeli produk.

Meningkatkan User Engagement

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengetahui dan menaruh perhatian terhadap brand atau produk kita, maka akan semakin banyak pula calon pelanggan yang bisa didapatkan. Karena itu, mengunggah produk atau jasa kita pada media sosial juga mampu meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan para konsumen.

Memetakan Target Pasar

Semakin populernya media sosial di kalangan masyarakat luas, tentu akan membuat banyak perusahaan maupun brand yang beralih menggunakan media sosial dalam memasarkan produk atau jasa mereka. Karena itulah akan mudah bagi kita untuk mempelajari kompetitor, mulai dari strategi pemasarannya hingga inovasi yang dikeluarkan. Disinilah kita dapat memetakan target pasar dan membuat strategi yang tepat bagi  bisnis atau brand.

Alamat
  • Jl Candi Ngrimbi No 2
  • Malang
  • Jawa Timur 65142
  • Indonesia
Jam Buka
  • Senin - Sabtu
  • Jam 08.00 - 17.00 WIB
Kontak Kami
  • 085163015515
  • info@gspace.co.id

Social

Designed with Mobirise - Go here